Penat, Bosen, kurang greget, dan bla-bla. Mungkin hal inilah yang dirasakan sebagian mahasiswa termasuk saya :D . Parah kan... Ya inilah realita mahasiswa zaman sekarang "mlaku ngalor ngidul sak penake dewe". Terlebih para fisikawan UGM entah apa yang terjadi ada sebagian yang merasa eneg dengan FISIKA (#semoga tidak termasuk anda. hehehehe). Kalau menurut saya, rasa  Penat, Bosen, kurang greget, dan bla-bla itu dapat muncul karena banyak faktor:

Faktor pertama : rutinitas artinya, secara psikologi manusia itu cenderung bosan dengan hal yang dilakukan secara terus menerus tanpa ada suatu inovasi yang baru dan tepat.
Faktor kedua: lelah, mahasiswa yang super duper (hahahaha, sitilahnya aneh), yang sibuk dengan rapat, kerja, ngajar, dll terkadang kelelahan dengan aktivitas yang dilakukan sehingga hari-hari yang dilalui menjadi kurang menarik karena stamina yang down. Kalau ini terjadi secara terus menerus maka rasa Penat, Bosen, kurang greget, dan bla-bla lah yang akan muncul.
Faktor ketiga : semangadh down, hahahahhahahahahaaha. Kenapa kok bisa down atau bahkan hilang semangatnya? Mungkin belum tau akan manfaat aktivitas yang dilkukan sekarang sehingga ia merasa bahwa yang dialkukan sekarang itu hanyalah sia-sia.

Sepertinya ketiga faktor ini cukup mewakili, bagaimana menurut saudara-saudara? :D
Setelah masalah diidentifikasi mari dicari solusinya....
Solusi pertama: Berikan inovasi atau gebrakan dalam kegiatan sehari-hari, maksudnya jangan biarkan hari-hari kita dilalui dengan hal yang sama secara terus menerus tanpa ada jeda sama sekali. Sekali -kali melakukan hal yang mengispirasi untuk tetap semangadh... Contohnya apa? Misalkan saja mahasiswa, kalau hari-harinya hanya dihabiskan dengan kuliah, ngerjain tugas, dll maka suatu saat akan ditemui titik kebosanan dan kejenuhan. Untuk menagntisipasi atau menanggulanginya ya sekali kali kunjung ke univ lain, atau kuliah lapangan atau ikut kegiatan lain (yang bermanfaat) yang tidak biasanya diikuti.
Solusi kedua: berikan hak badan untuk istirahat, mungkin massa muda adalah massa yang paling menggebu-gebu atau lagi semangadh-semangadhnya tapi ingat disatu sisi bahwa tubuh kita juga butuh istirahat. Tentunya temen-teme sudah tau donk apa aja itu hak tubuh... Hehehehehehe
Solusi ketiga: bikin life maping, Insyaallah ini akan sangat-sangat membantu dalam meraih apa yang kita cita-citakan. Kita akan senantiasa terpacu untuk terus semangadh dan melakukan yang terbaik.

Semoga tulisan ini dapat menginspirasi kita semua (termasuk saya :D). Hoohohohohohoho

"Nak ini hanya proses dari hidup, percayalah bahwa anda akan menjadi orang yang berkualitas asalkan ada kemauan dan kemapuan"