Tulisan seperti gambar disamping  yang membuat saya gabung bersama SP2MP. Apa itu SP2MP????? SP2MP berkepanjangan  Sahabat Percepatan Mutu Pendidikan merupakan program dari Subdirektorat Peningkatan Pertumbuhan Kepemimpinan Berkualitas (PPKB) Direktorat Kemahasiswaan UGM yang salah satu tujuannya untuk menembangkan kepribadian dan jiwa kepemimpinan. Ya, SP2MP 2010. Saya termasuk mahasiswa SP2MP angkatan 2010. Banyak hal yang saya dapatkan dari program ini, teman - teman yang hebat, percaya diri, dan memiliki mimpi yang besar. dari SP2MP ini saya banyak belajar tentang arti pengembangan diri, merubah pandangan bahwa untuk mencapai sebuah kesuksesan tidak hanya cakap dalam bidang akademik melainkan kepribadian yang OK dan mandiri. Special Management Skills (SMS) dan  Attitude Thinking Skills (ATS) menjadi bagian dari program SP2MP. Terimakasih kepada pihak UGM dan segenap pengurus PPKB yang telah memberikan pelatihan untuk mencetak pemimpin yang cerdas dan bijak.
Ada yang bilang bahwa SP2MP itu anaknya rektorat yang musti nurut dengan apa yang jadi keinginanan rektorat. Tapi sebagai mahasiswa SP2MP yang bersifat netral saya berpendapat bahwa hal ini tidaklah benar, memang benar bahwa semua kegiatan SP2MP menjadi bagian dari program rektorat tapi kita tengok lagi tujuan diadakannya program ini " Membentuk Pemimpin Massa Depan" . Banyak hal yang perlu dikaji sebelum mengatakan perkataan tersebut.
Kembali ke SP2MP, untuk masuk sebagai peserta SP2MP tidaklah mudah. Harus menyisihkan beberapa mahasiswa lainnya. Selain ber IPK di atas 3.00 terlibat dalam minimal satu organisasi menjadi salah satu pelengkap syarat administrasi selain harus ikut FGD (focus Group Discussion) dan Interview. Hahahaha, saat itu saya hanya bisa jawab hmmmmm, ketika di tanya "apa kepanjangan SP2MP mas?" oleh pak Rozaq. yah, meskipun pertanyaan di awal tak terjawab saya berusaha melibas semua pertanyaan berikutnya. Begitu juga saat FGD saya asal ngomong aja, yang penting bisa unjuk gigi aja :D

Entah kejebur atau memang sudah rizki saya untuk diterima sebagai mahasiswa SP2MP. Bertenman dengan mahasiswa perwakilan dari 18 Fakultas Univeristas Gadjah Mada menjadi pelengkap manisnya SP2MP. Bayangin aje, orangnya pinter-pinter terlebih anak sosial yang selalu angkat tangan ketika disuruh memberi komentar saat ada kasus (studi kasus). Terkadang minder juga sih bertemu dengan mereka.:D
"Witing Tresno Jalaran Soko Kulino" ungkapan jawa ini membenarkan apa yang saya rasakan. Akhirnya sayapun juga bisa mengikuti mereka meskipun diawal harus dipaksa oleh keadaan.
Mulai dari berbicara di depan umum, pemecahan masalah, berfikir kritis, sampai eksekusi tindakan diajarkan kepada kami.

Saya kangen dengan keadaan itu, di mana kita saling berdiskusi dan unjuk gigi satu sama lain untuk menjaga keesisasn. Hahahahaha

Semoga kita semua menjadi lebih baik.....